Selasa, 18 Juni 2013

Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi(1.Arti pengembangan Organisasi)

ARTI PENGEMBANGAN ORGANISASI

Lebih dikenal dengan organization development (OD) .Pengertian pokok OD adalah perubahan yang terencana (planned change).Perubahan , dalam bentuk pembaruan organisasi dan modernisasi, terus menerus terjadi dan mempunya pengaruh yang sangat dominan dalam masyarakat kini. Organisasi beserta warganya, yang membentuk masyakat modern , mau tidak mau harus beradaptasi terhadap arus perubahan ini. Perubahan perubahan yang terjadi pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat katagori , yaitu perkembangan teknologi, perkembangan produk, ledakan ilmu pengetahuan dan jasa yang mengakibatkan makin singkatnya daur hidup produk,serta perubahan sosial yang mempengaruhi perilaku, gaya hidup, nila nila dan harapan tiap orang.
Untuk dapat bertahan , organisasi harus mampu mengarahkan warganya agar dapat beradaptasi dengan baik dan bahkan agar mampu memanfaatkan dampak positif dari berbagai pembaruan tersebut dengan pengembangan diri dan pengembangan organisasi. Proses mengarahkan warga organisasi dalam mengembangkan diri menghadapi perubahan inilah yang dikenal luas sebagai proses organization development (OD)

Perubahan dan perkembangan Organisasi
PERUBAHAN
Faktor penyebab terjadinya perubahan dibedakan jadi dua, yaitu:
1 Lingkungan intern
a.   Perubahan kebijakan pimpinan b.   Perubahan tujuan
c.   Perluasan wilayah operasi tujuan
d.   Volume kegiatan bertambah banyak
e.   Sikap & perilaku dari para anggota organinsasi.
2 Lingkungan Ekstern
a.   Politik
b.   Hukum
c.   Kebudayaan
d.   Teknologi
e.   Sumber Daya Alam
f.    Demografi
g.   Sosiologi
Sikap organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan lingkungan intern/ ekstern, yaitu :
a.Mengadakan perubahan struktur organisasi.
b.Mengubah sikap & perilaku pegawai.
c.Mengubah tata aliran kerja.
d.Mengubah peralatan kerja.
e.Mengubah prosedure kerja
f. Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.
Proses perubahan, yaitu:
1.  Mengadakan pengkajian.
2.  Mengadakan identifikasi.
3.  Menetapkan perubahan.
4.  Menentukan strategi.
5.  Melakukan evaluasi.
PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)
Ciri-ciri pengembangan organisasi, antara lain:
•     (P.O) merupakan usaha yang dilakukan secara berencana.
•     (P.O) mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus- menerus.
•     (P.O) berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
•     (P.O) merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
•     (P.O) merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb.
1. Metode pengembangan Org:
a.   Jaringan manajerial
b.   Latihan kepekaan
c.   Pembentukan tim
d.   Umpan balik Survai
2. Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
a.   Latihan ditempat kerja
b.   Latihan instruksi kerja
c.   Latihan diluar tempat kerja
d.   Latihan ditempat tiruan
Jadi pada intinya Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan- perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen .
Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar